Rabu, 15 Februari 2017

Setelah Resolusi Astana, Turki Secara Terbuka Dukung Assad di Suriah

Photo 
ANKARA [Mata Pena Pers] - Meskipun sebelumnya memposisikan dirinya sebagai "pendukung" rakyat Suriah dalam melawan Assad, Erdogan kini mulai terbuka dengan mengungkapkan dukungan sesungguhnya bagi Rusia dan Suriah.

"Rusia mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempurnya telah bergabung dengan jet-jet Turki untuk pertama kalinya pada hari Rabu dengan menargetkan IS yang menguasai kota al-Bab di Suriah utara, yang menunjukkan bukti kerjasama semakin erat antara Moskow dan Ankara.", Reuters melaporkan.

Yang pada akhirnya, Turki tanpa malu-malu secara terbuka mendukung Assad dalam permasalahan konflik di suriah.

"Turki tidak bisa lagi bersikeras meloloskan sebuah resolusi atas konflik di Suriah tanpa keterlibatan Presiden Bashar al-Assad, karena situasi di lapangan telah berubah secara dramatis", kata Wakil Perdana Turki Menteri Mehmet Simsek, kepada Reuters pada Jumat (3/1/2017).

Turki telah lama bersikeras bahwa Assad harus hengkang agar perdamaian yang berkelanjutan bisa dicapai di Suriah. Akan tetapi, semenjak pemulihan hubungan yang baru dengan Rusia, yang mendukung para pemimpin Suriah ketika pertemuan di Astana, Turki mulai menampakkan kemunafikannya.

"Berkaitan dengan posisi kami pada Assad, kami kira rakyat Suriah yang menderita, jelas menyalahkan Assad. Tapi kita harus pragmatis, dan realistis", kata Simsek pada sebuah diskusi panel mengenai Suriah dan Irak dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Kali ini, semakin jelaslah drama picisan yang dimainkan oleh Erdogan, tak cukup hanya membantu koalisi salibis, sekarang ia mulai fase baru dengan membantu Assad dalam menghancurkan umat Islam. [BNQ/RTR]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar